Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
BeritaEkonomi

Stabilitas Harga Beras Medium, Namun Harga Beras Premium Melonjak Tajam

376
×

Stabilitas Harga Beras Medium, Namun Harga Beras Premium Melonjak Tajam

Share this article
Example 468x60

BUMNPOST.COM – Harga beras baik premium maupun medium belum ada tanda-tanda turun. Panel Harga Beras Badan Pangan Nasional (Bapanas) hari ini, harga beras premium kembali pecah rekor dengan naik 0,49% (Rp 80) menjadi Rp 16.450 per kg sedangkan harga beras medium tetap di Rp 14.300 per kg.

Sejumlah cara dilakukan pemerintah untuk menggenjot produksi beras dalam negeri, Presiden Joko Widodo bahkan menyetujui penambahan anggaran untuk subsidi pupuk di tahun 2024 ini dari 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton, atau naik 2x lipat.

Example 300x600

“Beliau (Jokowi) sudah putuskan dalam ratas dan menyampaikan langsung dihadiri beberapa Menteri, Menteri BUMN, Menko Ekonomi, Menteri Pertahanan, Kepala Badan Pangan, Menteri Keuangan, Dirut Bulog dan beliau langsung putuskan pupuk 4,77 juta ton dinaikkan kuantumnya jadi 9,55 juta ton, kami harap seluruh petani di Indonesia lakukan tanam cepat,” ungkap Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Kantor Kementan, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga : Bor 19 Sumur Minyak di Jabar Tahun, Pertamina Target 1.203 Barel per Hari

Selain pupuk, Amran juta bakal mengantisipasi dampak El Nino yakni dengan bakal melakukan pompanisasi sungai besar di pulau Jawa, diantaranya Bengawan solo. Tujuannya agar tanaman padi bisa bertahan sehingga ancaman gagal panen dapat teratasi.

“Kabar baik dari Menteri PUPR, ada bendungan yang dibangun akan mengairi 200 Ha yang sudah existing, tipenya 120 bisa menjadi 240, 2x lipat, ini kabar baik,” ucapnya.

Langkah selanjutnya optimalisasi lahan dimana Kementan bersama Unhan dengan teknologi sumur dalam serta sumur dangkal air tanah. Sudah dilakukan uji coba di Gunung Kidul dengan mengairi 1.000 Ha dengan biaya Rp 14 miliar. Kerja sama ini juga bakal melibatkan aparat TNI.

“Optimalisasi lahan kerja sama dengan TNI karena ini gerakan harus cepat karena ada El Nino yang begitu dahsyat, bahkan menurunkan luas tanam itu 20-30%,” ujarnya.

Lebih lanjut beberapa langkah itu ditargetkan bakal menghasilkan produksi lahan pertanian bagi petani, sehingga produksi dalam negeri bisa menopang kebutuhan yang ada. (bp/dvd)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *