Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Nasional

Polusi Udara Tangsel dan DKI Jakarta Paling Buruk, Wapres Dorong Masyarakat Gunakan Kendaraan Umum

316
×

Polusi Udara Tangsel dan DKI Jakarta Paling Buruk, Wapres Dorong Masyarakat Gunakan Kendaraan Umum

Share this article
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf
Example 468x60

HFANEWS.COM – Telah banyak kendaraan umum seperti bus-bus listrik yang telah disediakan oleh pemerintah daerah (pemda), Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengimbau agar masyarakat mulai beralih menggunakan moda transportasi massal.

“Saya mendorong untuk kemudian supaya banyak menggunakan kendaraan umum, yang sekarang ini sudah mulai menggunakan bus-bus listrik ya, sebab polusi yang paling besar itu kan dari kendaraan, jadi ada melakukan perubahan, dan terus dikaji hal-hal yang mungkin bisa lebih baik lagi,” katanya di Istana Wapres, Senin (14/8/2023).

Example 300x600

Kualitas udara di Jakarta dinilai paling buruk di dunia. Hal ini berdasarkan data dari IQAir pada Kamis (15/6/2023) pukul 10.14 WIB, yang menunjukkan bahwa air quality index (AQI US) atau indeks kualitas udara di Jakarta berada di angka 157.

Baca Juga: https://bumnpost.com/diperiksa-kpk-arwin-rasyid-sebagai-saksi-kasus-dugaan-korupsi-pengadaan-tanah-di-pulo-gebang/

Menurut acuan IQAir, skor indeks pada rentang 0-50 artinya memiliki kualitas udara baik, sementara rentang 51-100 berarti kualitas udara sedang, dan rentang 101-150 kualitas udara tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Menurut data Air Quality Index (AQI) per Senin (14/8/2023), kualitas udara Tangerang Selatan dan DKI Jakarta menjadi paling buruk, lantaran mencatatkan angka 153 AQI. Bahkan, dalam beberapa waktu terakhir, Jakarta selalu menjadi kota dengan udara buruk di dunia.

Situs pemantau kualitas udara, IQAir, mencatat tingkat polusi udara Jakarta sepanjang pekan ini berpotensi di angka 122-153 AQI US yang dinilai tidak sehat, khususnya bagi kelompok sensitif.

Baca Juga: https://bumnpost.com/rupiah-melemah-terhadap-dolar-as-ekonom-investor-menunggu-banyaknya-rilis-data-ekonomi-pekan-ini/

Lebih lanjut, orang nomor dua di Indonesia itu pun mendorong pemerintah daerah untuk membuka ruang terbuka hijau. Menurutnya, hingga hari ini keseriusan pemerintah mengatasi polusi udara di wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) terus dilakukan.

“Saya kira pemerintah memang serius ya untuk mengatasi polusi udara di Jabodetabek,” pungkas Ma’ruf. (HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *