Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Industri

Soal Evaluasi Besar Insentif Kendaraan Listrik, akan Dibahas Secepatnya Sejumlah Kementerian dan Lembaga

183
×

Soal Evaluasi Besar Insentif Kendaraan Listrik, akan Dibahas Secepatnya Sejumlah Kementerian dan Lembaga

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa pemerintah bakal melakukan evaluasi besar pada program insentif kendaraan listrik.

Terkait itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, menanggapi rencana pemerintah mengevaluasi program insentif kendaraan listrik.

Example 300x600

Arifin membenarkan bahwa pemerintah akan mengevaluasi insentif kendaraan listrik seiring dengan rendahnya minat masyarakat terhadap program tersebut.

“iya (evaluasi) soalnya sekarang ini responsnya kok belum kenceng,” kata Arifin saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Arifin menuturkan untuk evaluasi instensif kendaraan listrik akan dibahas secepatnya oleh sejumlah kementerian dan lembaga.

Sebelumnya Luhut menyebut pembahasan tidak akan dilakukan pada minggu ini karena pihaknya masih membahas beberapa program lainnya. “Segera (akan dibahas). Tidak minggu ini karena sibuk,” ujarnya.

Luhut mengatakan bahwa hal yang akan dievaluasi terkait kebijakan insentif kendaraan listrik. Dirinya melihat bahwa kebijakan ini nantinya akan menyadur beberapa regulasi yang ditetapkan di Thailand hingga Vietnam.

“Saya pikir insentif akan diselesaikan besok di rapat Kabinet, tetapi pada dasarnya kami membuatnya sederhana. Apa yang terjadi di Thailand apa yang terjadi di Vietnam, itu saya kira menjadi patokan kita dan melakukan beberapa penyesuaian di sana-sini,” kata Luhut di Nikel Conference, Selasa (25/7/2023).

Lebih lanjut, Luhur menuturkan bahwa Indonesia punya modal kuat sebagai negara ekosistem kendaraan listrik, karena Indonesia memiliki material bahan baku kendaraan listrik yang sangat melimpah.

“Tidak ada yang bisa mengalahkan kami di area ini, karena kami memiliki sumber materi kami. Biaya akan menjadi lebih rendah,” ujarnya. (HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *