Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
BeritaNasional

Ibu Kota Negara Nusantara Terima Tim UNESCAP untuk Evaluasi Pelaksanaan Sustainable Development Goals

1247
×

Ibu Kota Negara Nusantara Terima Tim UNESCAP untuk Evaluasi Pelaksanaan Sustainable Development Goals

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Ibu Kota Negara Nusantara. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka meninjau implementasi Sustainable Development Goals.

Delegasi UNESCAP dan Otorita IKN mengunjungi dua lokasi yang berkaitan dengan program reforestasi dan pemberdayaan masyarakat, di antaranya Persemaian Mentawir dan Pertanian Hidroponik dari Warga Sepaku. Adapun masyarakat di kedua program itu telah mengikuti pelatihan hasil kerja sama OIKN dan BLK Samarinda selama satu bulan pada tahun 2022.

Example 300x600

Persemaian Mentawir dan Pertanian Hidroponik akan menjadi salah satu sumber data laporan dalam VLR Nusantara mengenai perkembangan SDGs di Indonesia pada High-Level Political Forum SDGs yang akan dilaksanakan di New York di tahun 2024.

BACA JUGA : Emiten Batu Bara Alami Penurunan Laba Bersih Hingga 37,8% di Kuartal III-2023 Menyusul Penurunan Harga Global

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono mengatakan, aksi nyata dalam implementasi SDGs menjadi perhatian penting dalam pembangunan Nusantara. Hal ini terlihat dari sejumlah proyek yang mengedepankan prinsip ekonomi berkelanjutan.

“Perhatian pertama kami (Otorita IKN) dalam membangun Nusantara adalah menjadikannya sebagai sustainable dan livable city (kota layak hidup dan berkelanjutan), pengimplementasian SDG sudah kita masukkan dalam setiap proyek di Nusantara,” kata Bambang.

“Terlihat dalam Persemaian Mentawir sebagai langkah awal reforestasi serta Pertanian Hidroponik dari Warga Sepaku yang menjadi aksi dukungan usaha ekonomi yang berkelanjutan,” sambungnya.

Sementara itu, Executive Director UNESCAP Armida Alisjahbana mengatakan, proses pembangunan yang dilakukan Kementerian dan Lembaga terkait, bersama Otorita IKN, telah selaras dengan prinsip dan tren global saat ini dalam pembangunan kota modern.

“Sustainability (keberlanjutan) merupakan poin utama yang saya lihat dalam kunjungan kali ini, dengan upaya Otorita IKN melakukan reforestasi serta memberikan upskilling (pemberdayaan) kepada warga sekitar dalam menunjang mata pencaharian yang berkelanjutan. Ini adalah langkah pertama yang bagus,” ujar Armida.

Sejalan dengan hal tersebut, Staf Khusus Bidang Pembangunan Berkelanjutan Otorita IKN, Diani Sadiawati menyampaikan, Otorita IKN sudah membangun berbagai proyek berprinsip SDGs. Rencananya pada groundbreaking Nusantara ketiga, akan lebih banyak proyek keberlanjutan atau proyek hijau. (hf/dvd)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *